Kamis, 14 Maret 2013

Seorang Anak yang Berusaha Mencari Tujuan Hidupnya


Seorang Anak yang Berusaha Mencari Tujuan Hidupnya

Pada suatu hari, dimana ada seorang anak yatim piatu yang sudah lama ditinggal oleh kedua orang tuanya. Dia tidak tahu apalah artinya hidup. Sebut saja namanya Raka. Saat itu, dia bertanya-tanya pada tiap-tiap orang bahwa apa arti dari hidup itu. Namun, setiap orang yang ditanya sudah menjawab, dia tetap tidak tahu artinya hidup ini. Dia hidup dengan apa adanya, dia tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk esok hari, dia tidak tahu mengapa dia hidup di dunia ini dan yang dia tahu hanyalah menjadi yang terbaik bagi semua orang, namun bagaimanakah caranya untuk menjadi yang terbaik bagi semua orang. Dia terus –menerus menanyakan kepada orang-orang disekitarnya tentang apa arti hidup serta bagaimanakah menjadi yang terbaik bagi semua orang.
                Suatu hari, disaat matahari telah menyinarkan sinarnya dan waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB , Raka yang duduk diteras depan rumahnya sedang sendirian meratapi nasibnya dan merenungkan tentang apa artinya hidup ini. Lalu, seorang temannya bernama Vina tak sengaja melewati depan rumah Raka dan melihat Raka yang sedang sendirian. Kemudian, Vina menghampiri dan bertanya kepada Raka,
“Hai Raka, sedang apa kau disini ? apa ada masalah ? ceritakan saja padaku, mungkin aku bisa membantumu.”
Lalu, Raka menjawab,“Aku disini sedang merenung dengan hidup ini Vin, aku tidak tahu apa arti dengan hidup ini. Aku tidak tahu yang akan aku lakukan untuk esok hari, namun aku ingin menjadi yang terbaik bagi semua orang Vin. Tetapi aku tidak tahu bagaimana caranya agar menjadi yang terbaik bagi semua orang.”
“Kamu tidak tahu apa arti dari hidup ini Raka ? lalu, menurutmu mengapa kamu ditakdirkan untuk hidup di dunia ini Raka ?”
“Iya, aku tidak tahu apa arti hidup ini Vin. Mungkin, aku ditakdirkan untuk menjadi yang terbaik bagi semua orang. Tetapi, bagaimana menjadi yang terbaik bagi semua orang Vin ? aku saja tidak tahu artinya hidup Vin, apalagi menjadi yang terbaik bagi semua orang.”
“Kalau kamu ingin menjadi yang terbaik, cobalah berbuat baik kepada semua orang.”
“Caranya ?” tanya Raka.
“Ya contohnya kamu harus menolong orang yang sedang dalam kesulitan atau kesusahan. Namun, kamu menjalankannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Mungkin dari situ kamu bisa menjadi yang terbaik.”
“Oh begitu, apa hal itu harus selalu dilakukan Vin?” tanya Raka.
“Ya harus dilakukan agar orang dapat menilai kamu yang terbaik bagi orang itu. Namun, jangan dipaksakan untuk melakukan hal itu jika kamu tidak mampu.”
Waktu demi waktu kian berjalan dan waktu telah menunjukkan pukul 17.00 WIB, tidak terasa Raka dan Vina sudah bercakap-cakap begitu lama.
“Sudah dulu ya Ka, sudah sore nih. Aku pulang dulu ya, kalo ada masalah cerita saja sama aku Ka.”
“Iya Vina, makasih ya. Besok kalau ada waktu, aku cerita lagi ya.” kata Raka.
“Oke deh Ka, gampang deh pokoknya.”
Lalu, Vina pulang kerumahnya dan Raka kembali merenungkan bagaimana caranya mencoba untuk menolong orang yang sedang dalam kesulitan atau kesusahan yang akan dilakukan pada keesokan harinya.
Keesokan harinya, Raka menjalankan hal yang harus dia jalankan, yaitu mencoba untuk menolong orang yang sedang dalam kesulitan atau kesusahan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Lalu, disaat dia sedang berjalan entah kemana, dia melihat orang yang buta yang ingin menyeberang jalan. Tiba-tiba, Raka yang melihat orang buta itu ingin menyeberangi jalan. Tanpa berfikir panjang, Raka menghampiri orang itu dan menyeberangi jalan. Setelah itu, Raka yang sudah menolong orang itu kemudian berfikir lagi kenapa dia bisa menolong orang itu dan bagaimana dia bisa melakukan hal itu. Dan lalu, dia pergi kerumah Vina untuk menceritakan yang telah dia lakukan tadi.
Sesampainya dirumah Vina, Raka langsung menceritakan kejadian yang baru saja terjadi pada dirinya.
“Vin, tadi saat diperjalanan aku menolong orang buta yang mau menyeberangi jalan. Apakah aku sudah berbuat baik kepada orang?” tanya Raka kepada Vina.
“Wah, bagus itu! Kamu sudah berbuat baik kepada orang, sudah menolong orang buta menyeberangi jalan.” jawab Vina.
“Oh begitu ya Vin, terus apa lagi yang harus aku kerjakan selanjutnya ?” tanya Raka.
“Ya kamu kerjakan apa yang harus kamu kerjakan.”
“Maksudmu Vin?” tanya Raka.
“Hidup itu seperti air mengalir saja, kita mengikuti kemana arus akan pergi. Jika kamu dapat membantu seseorang maka bantulah dan kamu harus membantu dengan rasa ikhlas atau tanpa pamrih. Seseorang hidup pasti ada tujuannya, jika kamu saat ini belum tahu tujuanmu untuk hidup, suatu saat kamu akan menemukan apa tujuanmu untuk hidup di dunia ini.” jawab Vina.
“Baiklah Vin ! Aku akan mencari tujuanku hidup di dunia ini. Makasih ya vin atas bantuanmu selama ini. Memang kamu teman yang terbaik bagiku.” Kata Raka.
“Iya sama-sama Raka, memang seharusnya teman itu membantu temannya yang sedang dalam kesulitan atau kesusahan.”
Lalu, Raka pun menjalani apa yang harus dia jalani dan melakukan kegiatan seperti biasa. Dan akhirnya, Raka yang belum menemukan tujuan hidupnya pun sekarang berhasil menemukan tujuannya.
~Terima Kasih~
Muhammad Irvan Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Game

Flag Counter